Selamat Datang di Website RESMI RSU. Williambooth Semarang, Website ini menyajikan informasi Pelayanan dan Kegiatan seputar RSU. Williambooth Semarang, jika anda memiliki Saran, kritik dan saran seputar RSU Williambooth Anda dapat menghubungi Customer Service kami di (024) 8411800
Vinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.xVinaora Nivo Slider 3.x

STRABISMUS

KENAPA MATA JULING MENJADI MASALAH ?

Ketika mata tidak lurus, ada dua gambar yang dikirim ke otak. Pada orang dewasa hal ini menyebabkan penglihatan ganda. Pada anak kecil, otak belajar untuk tidak menghiraukan gambaran dari mata yang tidak lurus dan hanya melihat dengan menggunakan mata yang normal. Anak kemudian kehilangan persepsi kedalaman. Bayi yang mengidap strabismus sesudah usia enam bulan harus dibawa ke dokter spesialis mata bayi untuk menghindari resiko terjadinya amblyopia (menurunnya fungsi penglihatan pada satu atau kedua mata).

BAGAIMANA MENGENALI STRABISMUS?

Strabismus dapat ditunjukkan dari mata yang terlihat tidak lurus/berbeda arah dengan mata sebelahnya. Kadang-kadang anak-anak akan memicingkan/menutup sebelah matanya saat terkena sinar matahari yang terang atau memiringkan kepala mereka untuk menggunakan kedua matanya. Anak-anak yang menderita strabismus sejak lahir atau segera sesudahnya, tidak banyak mengeluhkan adanya pandangan ganda. Tetapi anak-anak yang mengeluhkan adanya pandangan ganda harus diperiksa dokter dengan seksama. Semua anak seharusnya diperiksa oleh dokter spesialis mata anak sejak dini terutama bila di dalam keluarganya ada yang menderita strabismus atau amblyopia. Bayi dan anak kecil seringkali terlihat juling. Hal ini disebabkan mereka cenderung memiliki hidung yang lebar dan rata dengan lipatan kulit kelopak yang lebar yang membuat mata tidak terlihat searah. Seorang dokter mata dapat menjelaskan perbedaan strabismus yang palsu dan sebenarnya.

PENANGANAN STRABISMUS

Penanganan strabismus dengan:

1. Operasi

Operasi otot mata bertujuan untuk meluruskan mata dan melindungi fungsi penglihatan. Sebelum operasi dilakukan, anak-anak akan diperiksa dengan teliti, berapa derajat kemiringan matanya. Kadangkala untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, diperlukan lebih dari satu kali tindakan operasi.

2. Kacamata

Jika strabismus disebabkan oleh kesalahan pembiasan cahaya, menggunakan kacamata untuk menormalkan penglihatan dapat meluruskan mata sepenuhnya atau hanya memperbaiki posisi mata.

3. Penutup Mata

Jika seorang anak menderita strabismus dengan amblyopia, dia dapat dipaksa untuk menggunakan / memperkuat mata yang lemah dengan cara menutupi mata yang normal dengan penutup mata. Penggunaan penutup mata harus dilakukan sedini mungkin, sesudah berusia 11 tahun biasanya dianggap terlambat karena penglihatan binokularnya sudah terbentuk seutuhnya. Penutup mata tidak dapat meluruskan mata secara kosmetik.